Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Selain dilihat berdasarkan topologi, suatu sistem jaringan komputer juga dapat dilihat dari fungsinya. Berikut jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

  • Jaringan Komputer Peer to Peer

Jenis jenis jaringan komputer yang sangat sederhana hadir dalam topologi peer to peer karena hanya menghubungkan dua komputer agar saling terhubung. Pada jaringan jenis ini, setiap komputer yang telah terhubung pada jaringan tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lainnya tanpa adanya suatu perantara.

Topologi ini hanya menggunakan satu kabel untuk menghubungkan komputer sehingga biaya yang dibutuhkan juga terjangkau. Setiap komputer yang terhubung juga dapat berbagi beberapa fasilitas seperti printer, hard disk, dan drive. Selain itu, apabila terdapat komputer yang mati atau mengalami kerusakan, maka jaringan keseluruhan tidak akan rusak atau terganggu. Kelemahan dari topologi ini yaitu keamanannya yang kurang dan juga sulit untuk dikembangkan.

  • Jaringan Komputer Client Server

Jenis jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan fungsinya hadir dalam jenis jaringan komputer client server. Dalam jaringan ini terdapat komputer yang bertindak sebagai server, artinya memberikan fasilitas bagi komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut atau yang dikenal sebagai client.

Keunggulan jenis jaringan ini yaitu adanya akses yang cepat dalam menyediakan berbagai fasilitas dalam jaringan karena pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh komputer yang bertindak sebagai server. Selain itu, sistem keamanan dalam jaringan komputer juga lebih terjamin dan adanya proses back up yang baik karena terpusat pada server yang mampu mengamankan seluruh data yang digunakan dalam suatu jaringan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *