Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Setiap jaringan komputer tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap jenis jaringan yang dipilih untuk digunakan tentunya berdasarkan biaya dan tujuan yang dimiliki oleh penggunanya. Berdasarkan topologi, berikut jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi yang perlu untuk diketahui :

  • Topologi Bus

Jaringan komputer berupa topologi bus ini tergolong jaringan yang pertama kali banyak digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer. Topologi bus ini merupakan topologi yang lebih sederhana apabila dibandingkan dengan topologi lainnya. Topologi ini hanya menggunakan satu kabel panjang saja dan terminal, lalu diakhiri dengan satu terminator pada bagian akhir kabel. Apabila menggunakan topologi bus ini akan menghemat biaya karena tergolong ekonomis dan mudah dalam proses instalasi.

Keunggulan lain dari jenis topologi ini yaitu tergolong sederhana dan tidak memerlukan banyak sumber daya pada kabel. Sementara kekurangannya yaitu apabila terdapat kabel yang terputus, maka akan memutus jaringan bus dan mengganggu komputer atau client yang lainnya. Topologi ini juga tidak cocok untuk traffic yang padat, karena proses pengiriman dan penerimaan data kurang efektif dan efisien sehingga sering terjadinya tabrakan data.

  • Topologi Star

Layaknya sebuah bintang, bentuk topologi ini sama seperti bintang karena memiliki node inti pada bagian tengah yang dihubungkan dengan node lainnya. Setiap jenis jenis jaringan komputer tentu memiliki kelebihan, sama seperti topologi star ini. Kelebihan dari topologi star ini yaitu apabila ada satu kabel yang rusak atau putus, maka jaringan masih tetap berjalan dan tidak mengganggu keseluruhan komunikasi. Hal ini juga memudahkan apabila ingin menambah komputer ke dalam jaringan tersebut tanpa mengganggu suatu aktivitas jaringan tertentu. Jaringan ini juga tergolong mudah untuk dikembangkan.

Kekurangan dari topologi star ini di antaranya jika HUB pusat mengalami kerusakan atau kegagalan maka seluruh jaringan juga ikut terpengaruh dan gagal beroperasi, lalu membutuhkan adanya kabel yang banyak untuk ditarik pada suatu titik tengah. Selain itu, jika terdapat lalulintas data yang sangat padat maka mempengaruhi jaringan dan membuatnya beroperasi menjadi lebih lambat.

  • Topologi Ring

Jenis jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan topologi lainnya yaitu topologi Ring. Jaringan ini mampu menghubungkan beberapa komputer dalam suatu rangkaian yang bentuknya melingkar layaknya cincin. Keunggulan dari topologi ring ini yaitu biaya untuk melakukan instalasi cukup terjangkau aliran data yang mengalir menjadi lebih cepat dan juga mudah untuk diimplementasikan. Sementara kekurangannya yaitu apabila terdapat satu kabel yang terputus maka akan membuat jaringan komputer menjadi gagal beroperasi dan mempengaruhi yang lainnya serta sangat sulit untuk menambah maupun mengurangi komputer tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.

  • Topologi Tree

Jenis jenis jaringan komputer yang lain yaitu topologi Tree. Topologi Tree ini mampu menghubungkan beberapa jaringan topologi star yang dihubungkan dengan suatu jaringan topologi bus. Dalam topologi ini biasanya terdapat beberapa jenis jaringan pada tingkat yang lebih tinggi hingga ke tingkat yang lebih rendah. Topologi Tree ini membuat suatu data dapat terpusat menurut tingkatannya sehingga membuat manajemen data menjadi lebih mudah. Selain itu, topologi ini juga tergolong mudah dikembangkan menjadi lebih luas lagi. Sementara yang menjadi kekurangannya adalah apabila pada tingkatan tertinggi bermasalah maka akan mempengaruhi komputer yang berada di bawahnya dan menjadi bermasalah juga.

  • Topologi MESH

Topologi ini merupakan gabungan dari topologi Star dan topologi Ring. Keunggulan dari topologi ini yaitu karena adanya berbagai jalur pengiriman untuk data yang banyak maka Anda tidak perlu khawatir akan terjadi tabrakan data. Kekurangan dari jaringan ini yaitu membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena proses instalasi pada jaringan begitu rumit dan juga membutuhkan kabel dalam jumlah banyak.

  • Topologi Extended Star

Jenis jenis jaringan komputer memang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Terbukti dengan adanya topologi Extended Star yang merupakan hasil pengembangan dari topologi Star sebelumnya. Kelebihan topologi ini yaitu apabila ada satu node terputus secara otomatis tidak akan mengganggu atau memutus sub node lainnya. Lalu kekurangannya yaitu karena jaringan ini digunakan pada jaringan yang besar maka tidak dapat menggunakan kabel dengan jenis yang biasa atau kurang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *