Sejarah Sistem Operasi Komputer

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi.

Jadi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 generasi , generasi tersebut yaitu

  • Generasi Pertama(awal)

Pada awal SO masih dilakukan dengan  manual dalam artian , belum ada Sistem Operasi yang secara otomatis , artinya Sistem Operasi belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.Generasi Kedua

  • Generasi Kedua

Pada  generasi ini sudah diperkenalkan adanya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan sebutan” Batch Proccessing System”.

  • Generasi Ketiga

Di generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-Programming,Multi-User dan Batch Proccessing System (Multi-Task).

  • Generasi Keempat

Pada generasi keempat ini, sudah diperkenankannya  Graphical User Interface yang disingkatan (GUI) yang artinya SO memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/program/software.

  • Generasi “Selanjutnya”

Pada generasi selanjutnya ini diperkenalkan Sistem berada dalam sebuah Sistem Operasi, Dan pada generasi ini diperkenalkanlah sebuah Sistem Operasi yang bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain-lainnya. Di generasi selanjutnya ini dikenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang bersifat virtual, sehingga dalam sebuah jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang berfungsi  menjadi Server, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *